27 Juni 2011

POTRET PENDIDIKAN DAN KESEHATAN DI SUMBAWA (Perspektif Hak Ekonomi Sosial Budaya)


Judul Buku:PETA JALAN ALOKASI ANGGARAN BERBASIS PEMENUHAN HAK DASAR (Pembelajaran Analisis Partisipatif Indikator Hak Ekonomi Sosial Budaya di Kab. Sumbawa).
Penyusun: Amir Mahmud, Muslim dan Amrullah
Editor: Julmansyah dan Sambirang Ahmadi
Hal: 257 Halaman
Tahun: Desember 2008
Penerbit: SAMAWA Center dan Yayasan TIFA Jakarta



Buku ini merupakan rekaman proses dari program monitoring indikator anggaran yang berbasis pemenuhan hak dasar masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Program ini ingin melihat bagaimana pelayanan pendidikan dan kesehatan pada empat kluster desa. Desa Pesisir di Desa Teluk Santong Kec. Plampang; Desa Pertanian di Desa Songkar Moyo Hulu, Desa Hutan di Desa Batudulang Kec. Batulanteh serta di Desa Sub Urban di Desa Kalimango Kec. Alas. Program ini atas dukungan Yayasan TIFA Jakarta selama 2007-2008.

Hak atas kesehatan meliputi hak untuk terhindarkan dari kelahiran-mati, kematian anak/bayi, dan berkembangnya anak yang sehat; hak atas perbaikan semua aspek kesehatan lingkungan dan industri; hak untuk menikmati pencegahan, pengobatan, dan pengendalian segala penyakit menular, endemik, penyakit lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan; hak untuk menikmati penciptaan kondisi-kondisi yang akan menjamin semua pelayanan dan perhatian medis dalam sakitnya seseorang (Pasal 12 ayat (2) UU No. 11 Tahun 2005).

Hak atas pendidikan menegaskan pengakuan akan hak setiap orang atas pendidikan, di mana pendidikan mampu memandu perkembangan kepribadian manusia seutuhnya, kesadaran akan harga diri, dan memperkuat penghormatan atas hak-hak asasi manusia dan kebebasan manusia yang mendasar. Dalam Pasal 13 ayat (1) UU No. 11 Tahun 2005 lebih lanjut dijelaskan bahwa, pendidikan harus memungkinkan semua orang untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat bebas, meningkatkan rasa pengertian, toleransi serta persahabatan antar semua bangsa, semua kelompok ras, etnis atau agama, dan mempromosikan agenda hak asasi manusia dan pemeliharaan perdamaian.

Buku ini juga memaparkan Hasil analisis anggaran dan proses penyusunan indikator hak dasar secara partisipatif oleh Samawa Center selama tahun 2008, menunjukkan kecenderungan adanya peningkatan anggaran pemerintah di sektor pendidikan dan kesehatan. Analisis anggaran tahun 2006 dan 2007 APBD Kabupaten Sumbawa.

Banyak temuan menarik terkait dengan implementasi pemenuhan hak dasar pendidikan dan kesehatan di 4 desa. Disamping itu menggunaan tools (alat/instrumen) dalam monitoring akan sangat bermanfaat bagi perumusan kebijakan bagi DPRD Sumbawa.

Tidak ada komentar: