7 Juni 2009

Menatap Masa Depan Ekosistem Sumbawa Bersama Lebah Hutan


Entah kenapa madu Sumbawa begitu banyak dikenal orang. Memang belum banyak yang memberikan penjelasan akan hal tersebut. Mei 2007, saya bersama bebertapa petani dan ketua koperas di beberapa desa di Sumbawa mencoba mengikat diri dalam satu harapan, tantangan serta latar belakang yang selanjutnya menjadi pengungikat ini semua. Petani madu - seperti halnya juga petani lain di seluruh sudut-sudut terpencil di Indonesia, juga mengalami sejumlah hambatan untuk hidup, maju dan berkembang untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Para petani Indonesia seperi yang diilustrasikan oleh Clifford Gertzs sedang dalam proses involusi. Dalam sisi usaha pertanian untuk bisa disebuat usa yang tutup lubang gali lubang.

Lantas bagaimana dengan petani madu?. Petani madu di Sumbawa sesungguhnya merupakan tipologi petani sawah dan lahan kering dan sektor peternakan menjadi komplementer. Ritus pertanian Sumbawa dapat disederhanakan dengan; musim hujan tanam padi, kemarau ngurus ternak. Jika kebutuhan ternak telah terpenuhi serta selesainya kegiatan ladang/pertanian, maka aktivitas Main Jarang (pacuan kuda) sebagia bagian yang tidak terpisahkan dari ritus sosial masyarakat Sumbawa. main Jaran kemudian menjadi saran untuk ber "weekend" ala masyarakat Sumbawa.

Untuk mengisi waktu antara ini, sebagian dari masyarakat Sumbawa terutama di dataran rendah lebih khusus di Sumbawa bagian utara, maka aktivitas mencari madu akan mereka isi hingga sebelum musim hujan. Atau paling tidak minggu pertama dan kedua musim hujan dimana bunga-bunga dari banyak kayu dan tanaman hujan, akan dimanfaatkan sebagai nektar lebah hutan.

Dengan tipologi hujan yang relatif lengkap di gugusan Sunda Kecil ini sebutan bagi kepuluan nusa tenggara di era kemerdekaan dulu, madu dari wilayah ini sering menjadi ukuran bagi madu di Indonesia. Tipologi hutan dari kering hingga lembab membuat madu sumbawa menjadi lebih khas... begitu kira-kira

Bersambung ke cerita berikutnya

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice blog..

kpn2 madunya bs dikirm ke semarang, insyaAllah laku..hehe

-mbi

julmansyah mengatakan...

bisa2...hahahaah